Kamis, 11 Desember 2008

The Guard Post


awal lihat cover film ini yang pertama aku pikirkan adalah film yang mirip dengan Taeguki (film Korea yang bercerita tentang kasih sayang sang kakak pada adiknya), tapi 100% salah...film ini tidak menceritakan tentang cinta maupun kasih sayang. tapi lebih kepada kesetiaan dan kepercayaan antar pasukan di Pos Penjagaan nomor 506.

Sersan Mayor Noh Seong Gyu yang baru saja kehilangan istri tercintanya langsung mendapat tugas untuk menangani sebuah pos penjagaan yang terletak dibatas antara Korsel dan Korut karena di pos penjagaan tersebut pasukan masti dengan cara misterius. apalagi saat para anggota pemeriksa memasuki sebuah kamar, terdapat banyak mayat bergelimpangan dengan lumuran dan genangan darah dimana-mana. yang lebih menakutkan lagi, ditemukan salah satu prajurit yang selamat bernama Kopral Kang Jin Won, berdiri dengan kapak ditangan dan tubuhnya penuh lumuran darah. ia menampakkan ekspresi tersenyum puas. Mayor Seong Gyu harus menyelidiki kasus ini dan hanya diberikan waktu satu malam.

oleh dokter Lee Jeong Hoon semua mayat dibungkus dan akan segera di bawa ke markas pusat termasuk Kopral Jin Won yang koma, namun sebenarnya Mayor Seong Gyu tidak mengijinkan karena ia belum yakin bahwa semua orang telah dievakuasi. karena jumlah mayat ditambah seoang pasien koma hanya ada 19 orang, padahal di catatan harusnya yang bertugas di tempat itu ada 20 orang. Mayor Seong Gyu pun menugaskan semua anak buahnya untuk menyisir kembali seluruh ruangan di pos penjagaan tersebut.

setelah pencarian yang melelahkan akhirnya ditemukan seorang lagi yang selamat. sambil berteriak-teriak ia meminta agar semua orang menjauh darinya. ia seperti ketakutan akan sesuatu. maka Mayor Seong Gyu menenangkan dirinya bahwa sekarang ia akan aman. orang yang kemudian diketahui namanya adalah Letnan satu Yoo Jeung U makan dengan lahap makanan yang ada di hadapannya. Mayor Seong Gyu pun tak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk menginterogasi Letu Jeung U, apa yang terjadi dengan post penjagaan 506. awalnya ia tak mau menjawabnya karena semua orang tak akan percaya,namun karena dipaksa oleh ajudan Mayor Seong Gyu pun ia terpaksa bercerita.

ia bercerita bahwa setelah beberapa anak buahnya yang diutus keluar pos untuk mencari hadiah bagi salah satu teman seangkatan mereka yang akan menikah, muncul wabah aneh yang menyerang. mulai dari salah satu bawahan yang memakan anjing penjaga, kemudian salah satu penjaga yang memukul-mukul tangannya hingga berdarah dan lainnya...
namun, diantara mereka semua tak ada yang pernah ingat telah mengalami kejadian seperti itu. karena merasa bertanggung jawab, Letu Jeung U tidak melaporkan masalah tersebut pada markas pusat, karena tidak ingin dicap tak becus oleh sang Jendral. maka wabah itu pun menular ke prajurit-prajurit lainnya dan mulai membunuhi satu persatu temannya dan terjadilah saling serang antara prajurit yang ketakutan dan kubu Letu yang tak ingin masalah ini diketahui oleh markas pusat.

Mayor Seong Gyu merasa ada yang aneh atas keterangan Letu Jeung U, ia pun mencari bukti-bukti yang tersisa. misalnya dari rekaman video sebuah handicam yang berisi pesan yang terputus dan dari beberapa buku diary anggota-anggota yang sudah mati. namun, makin ia mencari,makin rumit pula masalah ini. seakan kasus ini memang tidak ada jalan keluarnya. dan lagi, Letu Jeung U sepertinya menyembunyikan sesuatu.

lalu...berhasilkah Mayor Seong Gyu memecahkan kasus ini dalam semalam?
atau Mayor Seong Gyu dan anak buahnya ikut-ikutan tertular wabah tersebut?

hm...benarkah Letu Jeung U menyembunyikan sesuatu? Bisa dipercayakah cerita-ceritanya itu?

film ini termasuk film apik yang harus kamu tonton, menyajikan lumuran darah dan aktifitas kejam yang nggak cocok ditonton oleh anak kecil. maka...kalo mau nonton, jangan ajak adek kecil...



Tidak ada komentar: